PENTINGNYA ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SMA NEGERI 1 LEMBANG
Abstrak: Tujuan dari riset ini adalah menggambarkan pentingnya adversity quotient peserta didik dalam proses pembelajaran kajian pustaka, dalam hal ini peserta didik yang sedang melakukan proses pembelajaran di sekolah tentunya ingin memcapai prestasi dalam proses pembelajarannya, akan tetapi untuk meraih prestasi belajarnya tersebut bukanlah hal mudah karena pasti akan ada kesulitan yang berasal baik dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar-nya, dan hal tersebut bisa membuat peserta didik mengalami kegagalan dalam proses pencapaian prestasi proses pembelajarannya. Untuk dapat menghadapi kesulitan tersebut, apalagi di zaman sekarang yang semakin membutuhkan kemampuan yang kompleks seperti kemampuan literasi dan numerasi dimana peserta didik di tuntut untuk memiliki kemampuan bertahan dalam menghadapi segala kesulitan dalam proses pembelajaran-nya, yang disebut dengan adversity quotient. Adversity quotient adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik selain intellegence quotient (IQ), emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (SQ) untuk dapat bertahan dalam menghadapi segala permasalahan dan kesulitan serta mereduksi hambatan dan rintangan dengan merubah cara berfikir dan sikap terhadap permasalahan, kesulitan, hambatan dan rintangan tersebut. kemampuan adversity quotient ini dibutuhkan peserta didik agar dalam proses pembelajaran-nya selalu optimis dan membuat peserta didik tidak mudah putus asa serta memiliki semangat dalam mencapai prestasi belajar yang diharapkan dapat membantu peserta didik meraih cita-cita di masa depannya.
Kata Kunci: Adversity quotient, Proses pemproses pembelajaranan, Prestasi proses pembelajaran.
Tulisan Lainnya
PERILAKU PACARAN REMAJA (PESERTA DIDIK)
Abstrak: Tujuan dari riset ini adalah menggambarkan remaja (peserta didik) melalui kajian pustaka mengenai perilaku pacaran. Peserta didik yang berpacaran merupakan hal yang memang su
Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Bentuk Implementasi Nilai Pancasila dan Peran Guru Dalam Mengawal Pendidikan Multikultural
Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Bentuk Implementasi Nilai Pancasila dan Peran Guru Dalam Mengawal Pendidikan Multikultural Siti Patimah, S.Pd Kata kunci: global society,